Saturday, December 24, 2011

Marketing handal, ya google!

0 comments
Jaman sekarang kayanya marketing merupakan urat nadi dari suatu perusahaan. Gimana enggak, mereka itu merupakan ujung tombak untuk memasarkan produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut, sebenarnya urat nadi apa ujung tombak? jadi bingung. Yang jelas peran mereka sangat penting karena mereka-mereka itu yang akan mengenalkan/memasarkan suatu produk yang belum dikenal menjadi dikenal bahkan terkenal.
Namun saat ini ada yang sanggup menggantikan mereka, bahkan gak digaji lagi. Dia mau menjajakan produk kita 24 jam nonstop dan tanpa pamrih. Siapakah dia? ini dia orangnya, yakni mbah google. Google merupakan salah satu mesin pencari yang sangat populer diantar sekian banyak mesin pencari lainnya. Karena kesederhanaan dan kecepatannya dalam menemukan apa yang orang cari merupakan selling point yang sangat dasyat.
Agar produk kita mau dipasarkan oleh google, maka kita harus melakukan optimasi terhadap situs kita sesuai dengan guideline yang sudah ditentukan oleh google. Apa saja yang harus kita optimasi?
  1. Title, hindari pengulangan atau duplikasi kata-kata yang tidak seharusnya terjadi, karena mesin pencari ini sangat suka yang berbau unique.
  2. Hindari duplikasi meta ditiap-tiap halaman atau lebih baik jangan pakai meta.
  3. Jangan pakai konten ganda, ya tahu sendiri lah…
Jadi potong cost perusahaan anda dan berpalinglah ke google. Karena menjajakannya tidak hanya di satu area saja, tapi ke seluruh dunia.
Continue reading →

tipsdantrickseo

0 comments
Akhirnya setelah lama vacum dan tidak pernah melakukan perawatan di site tipsdantrickseo untuk pemula ini akhirnya disela-sela waktu yang ga ada senggangnya saya mencoba untuk menuliskan beberapa artikel yang berhubungan dengan promosi online di internet atau umumnya disebut dengan seo (optimasi website). Belajar seo, sangat umum dan saya sering sekali mendengar kata itu, tapi apa sih sebenarnya yang haru dipelajari agar bisa cepat menguasai tekhnik-tekhnik seo yang jitu dan mujarab. Saya akan mencoba membahas apa saja yang harus dikuasai bagi pemula, minimal bisa menerapkan seo yang baik untuk web baru yang sudah dibuat, jadi siapkan dahulu bahan-bahannya seperti: koneksi internet dan website yang belum dioptimasi.
  1. Basic format
    Langsung saja, format dasar seo sebenarnya terletak di: Title/Judul halaman, Meta, yang dibagi menjadi dua yakni meta keyword dan meta description. Sedangkan di Body yang perlu diperhatikan adalah penulisah heading (<H1>, <H2>, <H3>) dan seterusnya, karena penulisan heading sangat berpengaruh dalam proses seo. Sebaiknya gunakan heading dengan ‘bijak’, yakni <H1> sebaiknya untuk judul utama, <H2> untuk sub menu dan seterusnya. Pengaruhnya lumayan dasyat dan hasilnya pun optimal. Hanya dengan menerapkan basic format ini, saya kira semua syarat dari search engine sudah terpenuhi. Memang sih akan ada banyak lagi yang harus dikerjakan, tapi yang penting kan basicnya harus benar dulu.
  2. Pemilihan Keyword
    Tahap ini sebenarnya tahap yang paling sulit, karena ditahap ini anda akan mendapatkan tantangan besar untuk menentukan keyword apa yang cocok untuk web anda. Tapi gak perlu takut untuk mencoba, karena master seo pun masih mencoba-coba dalam menentukan keyword apa yang cocok, namun tidak asal coba. Semua itu harus ditentukan dengan tools yang khusus dipakai untuk menentukan keyword. Pakai saja yang gratis, yakni tools yang dipakai untuk google adword, karena tools itu bisa memberikan hasil yang optimal. Tips untuk memilih keyword yakni jangan menggunakan keyword yang lagi populer dan banyak diperebutkan, sebaiknya hindari itu dari pada anda akan cepat putus aza.
  3. Backlink & Blog walking
    Ini yang penting. Saya gak perlu menjelaskan ini lebih rinci karena pasti anda sudah tahu tentang ini. Intinya bagaimana web anda bisa dilink oleh web lain yang topiknya sejenis kalau bisa, tapi kalau enggak juga gak apa-apa. Dari pengalaman yang saya liat selama ini link yang tidak setopik memang kurang greget, tapi cukuplah untuk nambah-nambah poin untuk ningkatin pagerank. Demikian juga dengan blog walking, yakni dengan memberikan komentar yang tentunya baik dan relefan dengan topik di sejumlah blog dengan harapan mendapatkan tautan balik ke web kita.
Sebenarnya dengan melakukan basic way diatas, anda sudah bisa memulai mencoba untuk mengoptimasi web yang anda miliki. Untuk bahasan yang lebih detail akan saya tulis selanjutnya. Silahkan berkomentar kalau mau :D .
Continue reading →

Google Sitelinks

1 comments
Google Site Links

Apa itu Google Sitelinks?

Google Sitelinks adalah link-link ke halaman lain dari website, yg ditampilkan dalam hasil pencarian Google (search result). Link-link tersebut digenerasikan secara otomatis oleh Google serta tidak semua website memilikinya. Sitelinks sebenarnya adalah navigasi di dalam website dimana pengunjung dapat dengan mudah menemukan halaman yg diinginkannya. Demikian halnya sitelinks dalam hasil pencarian Google. Google menampilkannya sebagai cara mudah bagi pengguna search engine untuk langsung masuk ke halaman tertentu sebuah website tanpa harus masuk ke homepage terlebih dahulu.

Agar lebih mudah memahami struktur sitelinks search engine Google, perhatikan gambar berikut:
Sitelinks Google di atas menunjukkan dua jenis struktur, link homepage, yg merupakan hasil utama pencarian (search result) dan, di bawahnya, link-link menuju ke halaman-halaman tertentu.. Link-link itulah yg dinamai sitelinks. Bagi para pengguna Google, leberadaan link-link mempermudah mereka untuk langsung masuk ke halaman yg benar-benar ingin dituju. Misalnya, saya ingin membuat email Google, namun saya tidak tahu url yg harusdiketikkan di browser. Kemudian, saya berinisiatif mencari di Google search engine dengan hanya mengetikkan keyword atau nama website utama (Google). Dengan munculnya sitelinks di bagian bawah search result, saya mendapatkan link fitur/halaman layanan email yang seharusnya saya tuju.

Akan tetapi, mendapatkan sitelinks di halaman pencarian Google bukanlah hal mudah; meskipun sekarang ini lebih banyak website yg memiliki Google sitelinks dibanding satu atau dua tahun yg lalu. Google menyatakan,
We only show sitelinks for results when we think they'll be useful to the user. If the structure of your site doesn't allow our algorithms to find good sitelinks, or we don't think that the sitelinks for your site are relevant for the user's query, we won't show them. (Google Webmaster Supports)
Google hanya akan menampilkan sitelinks di hasil pencarian apabila Google menemukannya sebagai navigasi yg bermanfaat bagi user. Jika struktur suatu situs tidak sesuai dengan algoritma Google dalam proses pencarian/crawl sitelinks website yg sesuai kriteria, atau jika Google tidak melihat adanya relevansi di dalam sitelinks dengan hasil pencarian, maka Google tidak akan menampilkannya. Dengan kata lain, semua website sebenarnya memiliki sitelinks, karena tentunya masing-masing memiliki navigasi di dalamnya, akan tetapi, jika sitelinks tersebut, dalam kata lain, susah untuk ditemukan, digenerasikan, serta tidak ada nilai penting di mata Google, maka sitelinks tersebut tidak akan dimunculkan di hasil pencarian.

Bagaimana Sitelinks Ditampilkan Oleh Google?

Dulu, sitelinks hanya ditampilkan dalam bentuk link-link dengan anchor text saja, namun kini sitelinks muncul dengan diikuti deskripsi kecil dibawahnya lengkap dengan potongan tampilan url-nya (jika url panjang, Google akan skip beberapa bagian).
Dalam kasus tertentu, sitelinks yg dimunculkan kadang kurang memuaskan karena keterbatasan dalam membuat struktur yg standar. Hal ini biasanya dialami oleh blog terutama blog yg ber-platform Blogger karena tidak adanya sistem direktori atau folder khusus (kategori) dan hanya mengandalkan label, yg nyata-nyata tidak diindeks oleh Google (restricted by robot.txt). Sebagai contoh, sitelinks milik buka-rahasia.blogspot.com berikut nampak agak aneh karena kadang-kadang sitelink yg dimunculkan berjudul panjang karena awalnya memang tidak ditujukan sebagai sitelinks. (Dokumentasi sitelinks ini diambil ketika buka-rahasia.blogspot.com untuk pertama kalinya mendapat sitelinks dari Google)
Kita lihat banyak anchor text / keywords yg terputus-putus karena itu adalah judul posting yg memang semestinya lebih panjang. 

Sitelinks digenerasikan oleh Google secara terus menerus sehingga sebuah website/blog sebenarnya memiliki ratusan sitelinks. Google akan terus melakukan pengukuran struktur untuk menemukan sitelinks yang benar-benar mewakili isi website tersebut. Proses ini terus berlangsung seiring dengan perubahan isi (konten) dan navigasi suatu website/blog. Sebagai contoh lagi, setelah beberapa waktu dan pembenahan pada menu dan anchor text, sitelink buka-rahasia.blogspot.com berubah seperti ini: (Cek perubahan lain >> Google sitelinks for tipsdantrickseo.blogspot.com)
Kita lihat sitelinks di dalam hasil pencarian berubah dan beberapa mulai memiliki poin umum yg memang seharusnya dimunculkan.
Di dalam hasil pencarian Google dengan menggunakan mobile internet (Google Mobile), sitelinks justru dimunculkan dengan keyword lengkap sesuai judul posting, hampir mirip dengan sitelinks Google yg lama:
Dan memang, sesuai dengan pembicaraan dan analisis yg dimuat dalam forum-forum webmaster, Google sitelinks sekarang lebih dinamis dan memiliki perbedaan dengan sitelinks terdahulu. Perbedaan mencolok adalah tampilan sitelinks yang kini berjumlah 6 (kecuali google mobile, yg berjumlah 8), berbeda dengan sebelumnya dimana jumlah sitelinks yg ditampilkan mencapai 8 atau bahkan 12 buah. Medio Agustus 2011 kemarin saya sempat melihat sebuah website memiliki 12 sitelinks. Namun sekarang setelah saya cek lagi semua website yg memiliki sitelinks, maksimal hanya 6 buah sitelinks.
Sitelinks juga ditampilkan sebagai sebaris link-link apabila keyword yg diketikkan adalah url blog/web tertentu, seperti contoh milik http://tipsdantrickseo.blogspot.com berikut:

Manfaat / Keuntungan Google Sitelinks

Website yg memiliki Google sitelinks di hasil pencarian setidaknya memiliki keuntungan/manfaat sebagai berikut:
- Mendapatkan lebih banyak traffic/pengunjung (bahkan berkali lipat) dari Google karena lebih banyaknya link yg dimunculkan di hasil pencarian.
- Meningkatkan dan menunjukkan adanya otoritas website/blog di mata search engine dan pengunjung karena tidak semua website memiliki sitelinks di hasil pencarian.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelinks Google?

Seperti yang telah disebutkan di atas, tidak semua website memiliki sitelinks yg ditampilkan di hasil pencarian Google. Perlu digarisbawahi pula, bahwa Google pun tidak menyatakan secara terang-terangan bagaimana algoritma-nya bekerja dalam menentukan sitelinks. Oleh karena itu, poin-poin di bawah ini adalah sebuah usaha saya untuk menerjemahkan pengalaman dalam mendapatkan sitelinks, baik dari pengalaman orang-orang, maupun pengalaman dan analisa saya sendiri.
1. Kekuatan website dan sitelinks adalah ketika website tersebut memiliki jumlah backlink yg signifikan sehingga visibilitas dan autoritasnya tinggi.
2. Ada analisa lain pula yg cukup penting, yaitu branding. Melihat beberapa sitelinks website-website yg dimunculkan di search result, kebanyakan memiliki identitas yg unik dan merupakan brand dari website tersebut. Dapat disimpulkan bahwa sitelinks erat dengan bagaimana kita membuat anchor text dan url. Anchor text yg terlalu generic, atau hanya mengandalkan keyword yg dioptimasikan, justru memiliki kelemahan karena tidak memiliki identitas khusus. Hal ini saya buktikan setelah saya mengoptimasikan "buka rahasia blogspot" sebagai nama unik blog ini, justru otoritas sitelinks semakin kuat. Jadi, setelah anda mengoptimasi website dengan keyword yg dibidik, jagan lupa mengoptimasinya dengan nama unik yg telah dibuat sesuai dengan nama website (url).
3. Stabilitas keyword di hasil pencarian memiliki pengaruh besar. Saya lihat, rata-rata sitelinks memiliki keyword yg sangat melekat dengan website tersebut, yg berarti optimasi link dan keyword sangat kuat. Upayakan untuk terus memperkuat keyword tersebut dengan link building hingga akhirnya keyword tersebut melekat dan menjadi nama identik bagi website.
4. Struktur halaman sangat berpengaruh. Navigasi utama adalah sitelinks penting di dalam website. Gunakan menu-menu yg terstruktur dengan baik dan dapat dibaca dengan baik pula oleh spider. Hindari penggunaan navigasi yg banyak mengandung javascript. Anda dapat menggunakan menu-navigasi dengan struktur HTML untuk mendukung sitelinks website, misalnya:
Menu Horizontal Tabs Sederhana
2 Super Vertical CSS Menu
CSS Horizontal Menu - Stripped Red
CSS Horizontal Menu - Simple Black
CSS Horizontal Menu with 3D Button
dll.
5. Khusus untuk blog Blogger, hindari penggunaan label sebagai bagian utama menu. Gunakan halaman posting atau halaman statis dan pasang url serta anchor textnya, buat kumpulan posting atau sejenisnya. Ini karena Google tidak mengindeks url / link label.
6. Buat anchor text yang deskriptif, jelas, namun singkat. Hindari pengulangan kata.
7. Upayakan untuk terus meningkatkan SEO pada link-link halaman utama/penting hingga mendapat visibilitas yg tinggi di mata search engine.
8. Kekuatan dalam SERP berpengaruh, semakin besar CTR (click through rate) yg menuju website/blog, semakin besar kemungkinan mendapatkan sitelinks.
9.Relevansi meta data di dalam meta tags pun berpengaruh. Gunakan title website/blog yg mengandung keyword (brand) yg sedang dioptimasikan. Susun kembali meta description sebaik mungkin sehingga memiliki keterkaitan dengan nama dan isi website/blog.

Last but not least, happy Blogging!
Continue reading →

Improve your search engine rankings

0 comments
Improve your search engine rankings - vBulletinSetup.com

So you’ve decided to create a Web site. The first thing you’ll want to think about is search engine optimization. Using proper SEO will ensure your site gets great placement in search engine results. You can hire someone to help you or use SEO yourself.

Here are some tips on improving your search engine rankings: 

1. Select and use strong keywords. You’ll want your content to be rich with keywords, but don’t go overboard. If you use too many keywords search engines will pick up on it and your site won’t rise in the rankings. If you use too many keywords, your site could be excluded altogether. 

2. Compare to other sites. You’ll want to see what those with great placement are doing on their sites. Search for sites that are similar to yours. Take a look at the sites that have received high placement in the search results. While on the web page select “view” and click “source.” This will give you the opportunity to analyze the keywords and tags that were used.

3. Use keyword tools. A keyword tool is helpful in determining how visitors search for sites related to yours. By using a keyword tool you’ll be able to see how many hits a site would get using certain search terms. You can use the popular search terms you find to get better search engine placement. 

4. Have working links. Make sure all the links on your web site work. If you have dead links on your site, it negatively effects your site’s placement in search engine results. 

5. Submit your site to directories. There are several free directories you where you can submit your site. Others charge a fee. Don’t overlook paying this fee though because this increases your changes of having search engines list your site. 

6. Create a sitemap. Creating a sitemap and submitting it to search engines will guarantee that all the pages of your site will be included when the search engines crawl the site. You can use a free program to create a sitemap. 

7. Create backlinks. It can take awhile for search engines to find your Web site. One way to promote it is by using backlinks. Backlinks are links that point back to your web site from a different web site. Ways you can get backlinks are to write articles related to your site’s topic and submit them to free article sources such as Ezine Articles. At the end of the article, write a little bit about yourself as an author and link to your site. 

8. Use reciprocal links. Find sites that are related to yours and ask the web site owner to place a link to your site on their site. In return you’ll do the same. You can contact sites that are complementary to yours. For example, if you have a site that sells a variety of hats, you can have links placed on sites that sell coats and jackets. You can get in contact with the web site owner by looking for the contact information on the site. Send an email and ask for a reciprocal link.
Continue reading →

Cara mengedit Blogspot agar SEO Friendly

0 comments
Cara mengedit Blogspot agar SEO Friendly - Sepertinya juragan lagi tergila-gila buat belajar tentang SEO. Jadi kali ini postingnya juga masih tentang Tips SEO ( Search engine optimization ) * bener gak yah tulisannya hhe * . Postingan kali adalah kumpulan dari semua cara yang juragan ketahui tentang men-SEO-kan template blogger / blogspot kita. Jadi kalo ada yang kurang silahkan sobat-sobat blogger tambahkan ilmu yang sobat miliki melalui kolom komentar. Tutorial step by step mengedit template blogger / blogspot agar SEO Friendly ini adalah hanya salah satu cara untuk meningkatkan SERP ( apa itu SERP dapat sobat baca disini ). Nah dari pada sobat ketiduran ngedengerin ocehannya juragan yang gak jelas, lebih baik kita langsung membahas step by step Complete SEO Guide untuk blogger templates :

1. Page Title
Biasanya format page title dari blogger kan seperti ini : JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, nah agar blog kita lebih disukai oleh google sehingga ujung-ujungnya blog kita jadi rame, kita harus merubah format page title standart itu menjadi seperti ini : JUDUL POSTING | JUDUL BLOG. Caranya cari kode berikut di EDIT HTML ( cara mudahnya di Mozilla tekan ctrl +f lalu copy paste kode dibawah ini):


<title><data:blog.pageTitle/></title>

Kalo udah dapet kodenya hapus n ganti dengan kode berikut ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
</b:if>

Atau sobat juga bisa tambahin beberapa kata kunci ( keyword ) :

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/> | Kata kunci sobat | Kata kunci sobat </title>
</b:if>

Ganti kode "kata kunci" dengan keyword yang sobat incar. Setelah semua selesai jangan lupa di save template  

2. Meta keyword dan deskripsi
Suatu mesin pencari seperti google sangat menyukai sebuah website / blog yang jelas tema dan isi content-nya. Jadi , sobat harus nambahin suatu tag yang namanya meta tag. Caranya adalah dengan menambahkan kode berikut ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" />
</b:if>

Lalu ? ya di save aja  

3. memasang Breadcrumbs.
Breadcrumbs adalah menu navigasi yang ada diatas sebuah posting atau artikel. Contohnya bisa dilihat diblog-nya juragan ini. Cara pasangnya juga sudah banyak dibahas di blog-blog guru blogging. Silahkan sobat cari di google dengan kata kunci “ cara membuat menu breadcrumbs”.

4. memasang Related Post.
Related post sangat bagus untuk SEO maupun buat pengunjung. Jadi pasang related post di blog sobat. Caranya sudah banyak dibahas di blog-blog para guru blogging. Silahkan sobat cari di google dengan kata kunci “ cara membuat related post di blogger”.

5. Mematikan setting archive ( arsip )
Lho ? buat apa juragan ? begini nih, seperti yang juragan bilang tadikan kalo google sangat membenci dengan yang namanya duplicate content. Jadi ketika kita mengaktifkan opsi arsip, misalnya kejadiannya seperti ini :
sobat membuat sebuah blog di blogger.com. lalu membuat 3 posting, 1 buah setiap hari. Maka di halaman utama atau homepage sobat akan ada 3 posting dan sebuah link arsip seperti ini, http://BLOGSOBAT.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, pada halaman arsip tersebut akan memunculkan 3 posting yang sama dengan yang di munculkan oleh homepage.
Intinya, 2 buah link yang menuju 2 halaman yang berbeda tapi memiliki isi konten yang sama. Bagi search engine apa lagi google ini adalah masalah serius. Oleh karena itu kita sebaiknya me-non-aktifkan opsi arsip, caranya : setelah login klik tab setting >> Archiving >> pada bagian Archiving frequency ubah menjadi no archive. >> selesai simpan setting.

Atau jika tidak ingin menonaktifkan fungsi arsip, silahkan letakkan kode berikut dibawah kode <head> :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

6. Menambahkan kode ‘rel=canonical’
Gunanya kita menambahkan ‘rel=canonical’ adalah untuk menghindari konten ganda, karena seperti para master of SEO bilang bahwa google sangat tidak dapat mentolerir sebuah duplicate content ( *jadi buat yang kerjanya Cuma bisa copas hati-hati nih sebelum didepak dari gugel..xixixi*). Cara nya di edit html tambahkan kode berikut setelah kode <head>

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Save template dan selesai

7. Tag Heading
Google sangat menyukai sebuah tulisan atau judul dengan tag H1. Oleh karena itu ubahlah ukuran judul posting sobat dengan tag H1. Caranya cari kode berikut :

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>
Kode yang dicetak tebal(warna orange) dihapus dan ubah dari h3(atau pada beberapa template menggunakan h2) menjadi h1. Setelah itu tambahkan kode berikut sebelum kode ]]></b:skin>

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

Nah, jadi Cuma segitu yang juragan tau tentang bagaimana men-edit blogger template kita biar jadi lebih SEO Friendly. Silahkan dicoba  , oia ampir lupa, lebih bagus lagi jika blog sobat dipasang read more nya. Tapi tidak juragan bahas karena rata-rata blogger sudah memasang read more-nya. Hmm, yang masih kurang ngerti silahkan Tanya melalui kolom komentar. Terima kasih sebelum dan sesudahnya
Continue reading →

Labels